Asset Assessment Service : Houses, Land, Hotels, Ships, Industrial Machinery, Heavy Equipment, Shrimp Farms, Plantations, Bridges, Project Monitoring. Telp/Wa : 0812 1281 4843 or email :info@kjppkampianusdanrekan.com konsultan penilai pembangkit listrik tenaga panas bumi | Telp/WA: 081212 814843 / KJPP Endro, Kampianus dan Rekan
Home / Appraisal / Konsultan Penilai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi
Untuk Informasi Jasa appraisal Yang terdampang Pembangkit Listrik Sumber panas Bumi , silahkan menghubungi kami +6281212 814843 (Wa)

Konsultan Penilai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Jasa Appraisal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Titik sumber panas bumi yang cendrung Berpindah-pindah di sekitar         titik awal

Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang telah merugikan warga sekitar titik sumber panas bumi tersebut, dalam hal ini pemerintah tidak bias tinggal diam. Maka dari itulah untuk menghitung semua dampak kerugian masyarakat tersebut, diperlukanlah tim independent untuk menghitung semua akibat dari dari itu. Untuk melaksanakan pemeriksaan dan memberikan opini Nilai Pengganti Wajar atas Tanah milik warga untuk Pembebasan Lahan Untuk Kepentingan Umum Atas Tanah Yang Tekena Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi tersebut.

Jasa Appraisal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi akan memberikan penilaian berdasarkan data  atau Konsultan Penilai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi harus di lakukan berdasrkan data Nominatif yang di terbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten/Kecamatan wilayah dimana asset itu ada.

PENILAI melaksanakan penugasan ini sesuai dengan keahlian yang dimiliki, mengacu pada Kode Etik Penilai Indonesia 2015 (KEPI 2015) dan sesuai dengan Standar Penilaian Indonesia 2015 (SPI 2015). Laporan Penilaian ini terdiri dari beberapa bagian yang saling terikat dan tidak dapat dipisahkan, yaitu :

  • Penilaian ini yang merupakan hasil, kesimpulan dan ringkasan penilaian atas aset diatas;
  • Uraian mengenai aset beserta pendapat atas Nilai Pengganti Wajar dan dari aset tersebut;
  • Asumsi dan Syarat-Syarat Pembatas; dan
  • Foto – Foto, Peta Lokasi, Lay-Out Tanah dan Fotocopy dokumen pendukung dari aset yang dinilai.

Perlu di tegaskan bahwa, Penilai/Appraiser tidak memperoleh manfaat atau keuntungan apapun dari aset yang kami nilai serta nilai yang kami laporkan, baik pada saat ini maupun di masa yang akan datang (tidak memihak). Hasil dari penilaian Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ini, kami sampaikan secara obyektif dan bebas dari konflik kepentingan dalam kapasitas kami sebagai Kantor Jasa Penilai Publik dan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang lazim digunakan dalam penilaian serta memperhatikan semua keterangan yang terdapat dalam laporan akhir (Final), Jasa Penilai pembangkit listrik tenaga panas bumi bependapat bahwa opini indikasi Nilai Pengganti Wajar untuk Pembebasan Lahan Untuk Kepentingan Umum Atas Tanah Yang Terkena Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi tersebut.

Jasa Appraisal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi  berikan hasil penilaian yang Merupakan Nilai Pengganti Wajar dari nilai keseluruhan bidang tanah, bangunan, dan tanaman yang ada diatas tanah tersebut.

Dalam memberikan jasa appraisal pembangkit listrik tenaga panas bumi atau jasa penilaian pembangkit listrik tenaga panas bumi ini, harus di lakukan dengan professional dan tidak memihak sehingga rasa keadilan dapat di peroleh oleh kedua belah pihak.

DASAR NILAI (SPI-105-5.1.6)

Mengacu kepada maksud dan tujuan dari penilaian ini, maka dasar nilai yang digunakan dalam Penilaian ini adalah Nilai Pengganti Wajar.

Istilah “Nilai Pasar (Market Value) didefinisikan sebagai perkiraan jumlah uang yang dapat diperoleh dari transaksi jual beli atau hasil penukaran suatu properti pada tanggal penilaian antara pembeli yang berminat membeli dan penjual yang berminat menjual dalam suatu transaksi bebas ikatan yang penawarannya dilakukan secara layak dimana kedua pihak saling mengetahui dan bertindak hati-hati tanpa paksaan. (SPI 1.3.1).

Nilai Pengganti Wajar adalah nilai untuk kepentingan pemilik yang didasarkan kepada kesetaraan Nilai Pasar atas suatu Properti, dengan memperhatikan unsur luar biasa berupa kerugian non fisik yang diakibatkan adanya pengambilalihan hak atas properti dimaksud (SPI 306.3.10). Nilai Pengganti Wajar diartikan sama dengan Nilai Ganti Kerugian sebagaimana dimaksud dalam UU No. 2 Tahun 2012. (SPI 306.3.10)

TINGKAT KEDALAMAN INVESTIGASI (SPI 105-5.1.9)

Pekerjaan penilaian ini mengandalkan informasi atas asset yang dinilai yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya, seperti : informasi verbal dari pemberi tugas (Pendamping di lapangan), Surat Nominatif yang dikeluarkan Badan Pertanahan Kabupaten Ngada, dan Peta Bidang Tanah. Investigasi yang dilakukan meliputi aspek fisik, peruntukan, dan analisis pasar properti dimana tingkat kedalaman investigasi adalah sebagai berikut :

  • Fisik             : Melakukan pengecekan kondisi asset, lingkungan sekitar asset serta melakukan verifikasi kebenaran asset ke lapangan
  • Peruntukan : Cek zoning tata kota ke instansi terkait
  • Analisa Pasar Properti : Dilakukan analisa secara global.

 ASUMSI-ASUMSI KHUSUS (SPI 105-5.1.11)

  1. Inspeksi lapangan yang kami lakukan hanyalah terhadap kondisi tanah yang terlihat, sehingga tidak dimaksudkan untuk memeriksa kondisi asset di bawah tanah.
  2. Luas bidang tanah yang terkena Pembebasan Lahan Untuk Kepentingan Umum Atas Tanah Yang Terkena Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Mataloko mengacu pada daftar nominatif yang dikeluarkan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ngada.
  3. Tanggal Penilaian mengacu kepada tanggal Inspeksi Lapangan terakhir dilakukan, dikarenakan tidak adanya Surat Pentapan Lokasi yang dikeluarkan oleh Gubernur/Walikota/Bupati.

PENDEKATAN & METODE PENILAIAN (SPI 105-5.1.12)

Dalam Penilaian Properti terdapat 3 (tiga) pendekatan penilaian, yaitu pendekatan data pasar, pendekatan biaya dan pendekatan pendapatan.

  1. Pendekatan Data Pasar (Market Data Approach)

Dengan pendekatan ini kami memperhatikan penjualan-penjualan yang terjadi bila ada, pencatatan-pencatatan, wawancara-wawancara dengan orang-orang atau pejabat-pejabat dan pemilik-pemilik properti sejenis lainnya yang mengetahui dengan benar mengenai nilai-nilai properti sejenis, serta penawaran-penawaran sebanding. Pendekatan ini digunakan karena data pasar atas properti yang dinilai tersedia.

  1. Pendekatan Kalkulasi Biaya (Cost Approach)

Pendekatan ini mempertimbangkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi properti pengganti baru berdasarkan harga pasar yang berlaku saat ini untuk bahan-bahan, tenaga kerja, biaya pemborong, keuntungan dan pembayaran lainnya, tetapi tidak memperhitungkan adanya kerja lembur, bonus bagi tenaga kerja serta premi untuk bahan-bahan, kemudian dikurangi dengan penyusutan yang dihitung berdasarkan kondisi yang terlihat (observed condition) yang digambarkan oleh persepsi pasar atas kemunduran kondisi dari properti tersebut disamping mengadakan penyelidikan terhadap manfaat yang ada sekarang, bila dibandingkan dengan unit-unit baru yang sejenis yang menyangkut kapasitas dan kegunaan dari properti yang bersangkutan.

Penyusutan tersebut dihitung berdasarkan kerusakan fisik, seperti aus, lapuk dan retak, kemunduran fungsional yang disebabkan oleh perencanaan yang kurang baik dan kemunduran ekonomis yang disebabkan oleh pengaruh dari luar seperti Peraturan Pemerintah atau Perkembangan Teknologi.

  1. Pendekatan Pendapatan (Income Approach)
Sebagai jasa Penilai Asset yang Berpengalaman, maka Kami KJPP ENDRO,KANPIANUS DAN REKAN siap meakukan survey ke seluruh Indonesia

Pendekatan ini berdasar pada konsep hubungan antara nilai dengan pendapatan dari suatu properti income producing. Nilai properti dihitung berdasarkan pada proyeksi jumlah Pendapatan bersih yang wajar yang diharapkan dapat dihasilkan oleh properti tersebut sepanjang umur ekonomis yang masih tersisa.

Properti komersial dibeli untuk disewakan pada pihak lain. Pendapatan dimasa yang akan datang dari properti tersebut merupakan keuntungan bagi pemilik. Dari pengertian tersebut, nilai dari suatu properti tergantung pada kemampuan properti itu untuk mendapatkan keuntungan.

Dasar pemikiran dari Pendekatan Pendapatan adalah bahwa nilai pasar dari suatu properti kurang lebih sama dengan suatu modal yang mempunyai potensi untuk mendatangkan pendapatan.

Jika pendapatan bersih pertahun dianggap stabil selama masa operasional dan bersifat tak terhingga atau menerus menerus, maka pendapatan bersih yang dihasilkan pada tahun tertentu oleh suatu properti dapat dikapitalisasi langsung menjadi nilai dari properti bersangkutan selama tingkat kapitalisasi yang yang digunakan adalah tingkat kapitalisasi (yield) yang berlaku umum di pasar properti bersangkutan. Metode ini disebut Kapitalisasi Langsung.

Apabila pendapatan dari properti yang akan dinilai tidak dapat dianggap tetap, maka penilaiannya dapat menggunakan Metoda Arus Kas Terdiskonto atau lebih dikenal dengan istilah metode DCF (Discounted Cash Flow). Dengan pendekatan ini, nilai dari suatu properti adalah sejumlah nilai kini dari Net Operasional Income yang akan diperoleh dari hasil operasional properti tersebut termasuk didalamnya Terminal Value jika pada akhir tahun proyeksi diasumsikan masih terdapat sejumlah pendapatan yang akan berlangsung secara terus menerus dan stabil.

Hasil penilaian dengan metode Metoda Arus Kas Terdiskonto merupakan nilai dari keseluruhan bagian aset eksisitng yang mempunyai kontribusi langsung dalam operasional. Proses penilaian dengan metode ini meliputi antara lain:

  1. Menentukan dan atau memprediksikan pendapatan yang akan diperoleh dari operasional properti bersangkutan, termasuk didalamnya termination value jika ada.
  2. Menghitung Net Operating Income dengan cara mengurangi Gross Income dengan Total Expenses.
  3. Menghitung nilai kini dari Net Operating Income yang mungkin diperoleh dengan mendiskontokannya pada discount rate yang merefleksikan tingkat balikan yang diharapkan dari investasi jenis properti bersangkutan.
  4. Menjumlahkan semua nilai kini dari Net Operating Income termasuk Terminal Value jika dalam penilaiannya menggunakan metode DCF kemudian ditambah dengan Estimasi Nilai Tanah yang masih bisa dikembangkan (Excess Land) diperoleh Indikasi Nilai Properti.

Demikian sedikit share kami, semoga bermanfaat bagi pengunjung web ini. Jasa Appraisal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi sangat di butuhkan kehadirannyanya apalagi dengan kondisi kawasan Indonesia khususnya wilayah timur (NTT) yang memiliki sumber panas bumi yang melimpah. Bila mana perusahaan (pemda/Pusat pemerintah) anda membutuhkan konsultan Jasa penilain Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi silahkan menghubungi kami:

Telp                    :+6281212 814843 (wa)

Email                 : jasapenilaiasset@gmail.com

Website :           www.kjppkampianusdanrekan.com

[soliloquy id="500"]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha *

1
Hello
Can i help you ?
Powered by
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.