Asset Assessment Service : Houses, Land, Hotels, Ships, Industrial Machinery, Heavy Equipment, Shrimp Farms, Plantations, Bridges, Project Monitoring. Telp/Wa : 0812 1281 4843 or email :info@kjppkampianusdanrekan.com KODE ETIK PENILAI INDONESIA (KEPI) I +6281212 814843 WA | Telp/WA: 081212 814843 / KJPP Endro, Kampianus dan Rekan
Home / KEPI / KODE ETIK PENILAI INDONESIA (KEPI) I 0812 128148 43 Wa
Kantor Jasa penilai Publik yang berizin untuk wilayah kerja seluruh Indonesia

KODE ETIK PENILAI INDONESIA (KEPI) I 0812 128148 43 Wa

KODE ETIK PENILAI INDONESIA (KEPI)

1.0 Pendahuluan

Kode etik penilai Indonesia (kepi) merupakan landasan yang paling mendasar dalam pelaksanaan standard penilaian Indonesia (spi)agar seluruh hasil pekerjaan penilaian dapat memenuhi persyaratan yang di tetapkan dengan cara yang jujur dan kompeten secara professional, bebas dari kecurigaan adanya kepentingan pribadi, untuk menghasilkan laporan yang jelas, tidak menyesatkan dan menggungkapkan semua hal yang penting untuk pemahaman penilaian secara tepat.

2.0 Ruang Lingkup 

KEPI mengatur agar penilai dalam menjalankan tugasnya selalu memenuhi etik dan kompetensi, agar hasil pekerjaan penilaian dapat di pertanggungjawabkan kepada pemberi tugas, masyarakat dan profesi penilai. KEPI Ini bersifat mengikat dan wajib untuk di terapkan oleh seluruh penilai dan di maksudkan sebagai dasar aturan-aturan dari assosiasi atau organisasi yang mengatur kegiatan-kegiatan para penilai.

3.0 Definisi 

3.1 Etik adalah nilai-nilai atau norma-norma moral yang menjadi pedoman bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur perilakunya secara professional.

3.2 Kode etik adalah kumpulan etik yang di buat untuk menjunjung tinggi profesi demi tanggung jawab terhadap profesi, masyarakat dan ketuhanan yang maha esa.

3.3 Kode etik penilai Indonesia (kepi) adalah kumpulan etik yang melandasi pelaksanaan SPI yang wajib di taati oleh penilai, agar seluruh hasil pekerjaan penilaian dapat memenuhi persyaratan yang di tetapkan melalui cara yang JUJUR, obyektif dan kompeten secara professional, sehingga menghasilkan laporan penilaian yang jelas, tidak menyesatkan dan mengungkapkan semua hal yang penting.

3.4 Institusi adalah lembaga dimana penilai melakukan pekerjaan penilaian, antara lain Kantor Jasa Penilai Publik, lembaga pemerintah dan bank.

3.5 Profesi adalah keahlian yang memerlukan pelatihan yang mendalam dalam suatu bidang ilmu, seni ataupun pekerjaan, yang di lakukan secara terus menerus.

3.6 Standard Penilaian Indonesia (SPI) adalah standard profesi penilai untuk melakukan kegiatan penilaian di Indonesia. Penilai wajib mematuhi SPI yang merupakan acuan praktek penilaian di Indonesia.

3.7 Dalam KEPI ini kata “ Penilai “ dapat berarti “ Penilai sebagai perorangan (individu)” atau “ Kantor Penilai Publik”, tergantung kepada konteks kalimatnya.

     3.7.1 Penilai adalah seseorang yang memiliki kualifikasi, kemampuan dan pengalaman dalam melakukan kegiatan praktek penilaian untuk mendapatkan nilai ekonomis sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Penilai terdiri dari:

 

 

Menghitung Asset Daerah bersama dengan    KJPP Endro, Kampianus  dan Rekan

3.7.1.1 Tenaga penilai adalah seseorang yang telah lulus pendidikan di bidang penelitian yang diselenggarakan oleh Assiosasi Profesi Penilai, lembaga pendidikan lainnya yang di akreditasi oleh Asosiasi Profesi Penilai, atau lembaga pendidikan formal.

 3.7.1.2 Penilai Bersertifikast adalah seseorang yang telah lulus ujian sertifikasi di bidang Penilaian yang di selenggarakan oleh Asosiasi Profesi Penilai.

   3.7.1.3  Penilai Publik adalah Penilai yang telah memperoleh Izin dari Menteri Keuangan

3.7.2 Penilaian adalah proses pekerjaan untuk memberikan estimasi dan pendapat atas nilai ekonomis suatu objek penilaian pada saat tertentu sesuai dengan SPI dan peraturan-peraturan yang berlaku.

3.7.3 Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) adalah Badan Usaha yang telah mendapat izin usaha dari kementerian Keuangan sebagai wadah bagi Penilai Publik dalam menjalankan usaha di bidang penilaian dan jasa-jasa lainnya.

3.7.3.1. Usaha bidang Penilaian meliputi Bidang Jasa Penilaian Properti sederhana, bidang jasa penilaian bisnis.

3.7.3.2  Jasa –jasa lainnya yang terkait dengan penilaian antara lain; Konsultasi pengembangan properti, studi kelayakan usaha, jasa agen properti, pengawasan pembiayaan proyek, studi penentuan sisa umur ekonomi, studi penggunaan tertinggi dan terbaik (highest and best use) dan Penasehat keuangan.

[soliloquy id="500"]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello
Can i help you ?
Powered by
error: