Asset Assessment Service : Houses, Land, Hotels, Ships, Industrial Machinery, Heavy Equipment, Shrimp Farms, Plantations, Bridges, Project Monitoring. Telp/Wa : 0812 1281 4843 or email :info@kjppkampianusdanrekan.com JASA KONSULTAN STUDI KELAYAKAN BISNIS | Telp/WA: 081212 814843 / KJPP Endro, Kampianus dan Rekan
Home / Konsultasi / JASA KONSULTAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

JASA KONSULTAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

Jasa Konsultan Fesibility Study Bisnis

Studi kelayan: pelabuhan, bandara, hotel, pabrik, pertambangan, perumahan, real estate, Mall dan lain-lain

Pentingnya studi kelayakan bisnis atau feasibility study

Bila sebelum memualai sebuah usaha atau business, adakah orang atau lembaga yang menjamin bahwa bisnis tersebut akan berhasil? Atau adakah lembaga atau badan yang menjamin sebuah bisnis akan menguntungkan bila di buka di sebuah lokasi dan dengan produk tertentu???.

Sebaiknya Dalam memulai sebuah usaha / bisnis di bidang apapun itu, maka yang wajib di lakukan pertama adalah sebuah studi kelayakan bisnis atau biasa disebut Feasibility Study bisnis. Hasil Feasibility study bisnis  ini penting bagi pemangku kepentingan, sebab dengan melakukan Studi kelayakan bisnis maka resiko-resiko bisnis yang akan terjadi dikemudian hari akan bisa di tanggulangi atau meminimalis resiko kerugian yang terjadi.

Demikian pentingnya studi kelayakan bisnis dilakukan sehingga bila mengajukan sebuah kredit ke perbankan atau funder maka dapat di pastikan mereka akan meminta hasil dari studi kelayakan tersebut. Dalam sebuah laporan feasibility studi bisnis maka di peroleh gambaran menyeluruh terhadap sebuah bisnis yang akan direncakan atau dipetakan, apakah bisnis yang akan dijalani itu layak atau tidak baik dilihat dari sisi prospek bisnis maupun competitor serupa, apakah secara sistem manajemen baik keuangan, SDM dan manajemen pemasarannya sudah siap atau belum. Jika semuanya sudah di rancang dan dipersiapkan sedemikian rupa maka tentunya hal ini akan menjadi pondasi yang kuat dalam memulai bisnis dan tidak ragu dalam  berinventasi ke bisnis yang direncanakan. Perlu diingat, bahwa berinvestasi tidak hanya melibatkan jumlah ataupun nilai uang saja, tetapi juga sumber daya atau resources lainnya seperti Sumber Daya Manusia ( SDM ), Sumber Daya Alam serta sarana & prasarananya. Dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini , sangat diperlukan perencanaan dan alokasi sumber daya tersebut agar lebih efektif & efisien sehingga investasi tidak akan sia – sia.

Jasa Konsultan Studi kelayakan bisnis

Siapa yang seharusnya melakukan studi kelayakan bisnis tersebut?. Yang pasti jasa konsultan feasibility study bisnis yang telah berkomfeten di bidangnya. Jasa konsultan studi kelayakan bisnis dapat berupa persero (PT) atau juga usaha perseorangan yang berbadan hukum misalnya kantor kasa penilai public. Semua tergantung kepada kebutuhan anda, hanya yang mencadi catatan adalah, bila mana bilamana hasil dari studi kelayakan bisnis ini di tujukan ke pihak perbankan dalam mengajukan kredit, maka saran kami sebaiknya anda menggunakan kantor jasa penilai public terdaftar dan resmi. Sebab KJPP memiliki kompetensi dan keilmuan dalam memberikan jasa konsultan studi kelayakan bisnis.

Berikut kami share ruang lingkup jasa konsultan feasibility study bisnis yang selama ini kami berikan:

RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN

Lingkup kerja yang Konsultan lakukan adalah melakukan analisis untuk memberikan opini terhadap kelayakan usaha atas Obyek Penugasan sebuah Studi Kelayakan dengan menerapkan pendekatan yang sesuai dengan kondisi objek penugasan. Lingkup Pekerjaan tersebut meliputi analisis aspek hukum, aspek manajemen, aspek teknis, aspek pemasaran, serta aspek keuangan. Rincian pekerjaan masing-masing aspek secara lebih rinci diuraikan sebagai berikut :

Analisis Aspek Hukum

Mengingat Indonesia adalah negara hukum, sudah sewajarnyalah aspek ini dibahas dan dianalisis, yang meliputi aspek legal perusahaan, aspek legal lahan proyek, surat-surat yang berhubungan dengan operasional perusahaan yang perlu ditinjau dari segi hukum.

Analisis Aspek Manajemen

Aspek ini meliputi analisa pengalaman dan kapabilitas pengurus perusahaan, analisa rencana tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas dan effisiensi yang optimal, berikut faktor pendukung lainnya seperti keahlian dan upah. Disamping itu dibahas pula gambaran umum perusahaan, struktur organisasi, hubungan kerjasama dengan badan lain, rencana pengembangan kualitas, dan review atas laporan sistem administrasi perusahaan.

Analisis Aspek Teknis

Analisis aspek teknis meliputi :

  1. Lokasi dan Identifikasi Proyek

–    Aspek lokasi yaitu memastikan legalitas kepemilikan lahan dan secara teknik layak untuk lokasi proyek, kemiringan, dan prospektif sosial.

–    Analisis sarana pendukung

–    Kebijakan pemerintah

–    Keamanan lingkungan

2. Bangunan Utama, dan Bangunan Pendukung

  • Pengadaan Mesin/Perlengkapan
  • Spesifikasi menyangkut kapasitas , konsumsi tenaga listrik dan bahan bakar
  • Spesifikasi Bangunan Utama
  • Layout / master plan
  • Bangunan Pendukung
  • Infrastruktur pendukung

3. Operasional

  • Ketersediaan Bahan Baku dan Pendukung
  • Ketersediaan Tenaga Kerja
  • Proses Operasional / Produksi

4. Analisis Aspek Pemasaran

Dalam aspek ini akan dibuat analisa permintaan dan penawaran, peluang pasar di masa yang akan datang, analisa persaingan yang akan dihadapi, prospect buyer / User, dan strategi pemasaran.

5. Aspek Keuangan

Menghitung biaya investasi untuk pembangunan proyek dan modal kerja awal, termasuk struktur pembiayaan dan sumber dana yang diharapkan. Biaya investasi dihitung berdasarkan RAB yang telah disiapkan oleh Perseroan dengan mempertimbangkan dan atau diuji kewajaran investasinya berdasarkan data investasi industry sejenis dengan memperhatikan indeks kemahalan daerah yang menjadi lokasi proyek. Jumlah investasi meliputi :

  • Perijinan
  • Pengadaan Lahan
  • Pengadaan Mesin/perlengkapan
  • Bangunan Utama dan Pendukung
  • Infrastruktur
  • Biaya Pra Operasi

Untuk memperoleh gambaran prospek keuangan di masa yang akan datang, akan dibuatkan proyeksi sesuai siklus Produksi/Operasional/ atau sesuai siklus HGU yang dimiliki. Pada aspek keuangan dianalisis, Harga NPV, B/C, IRR, Cash Flow, Ikhtisar Laba (Rugi), Proyeksi Neraca, BEP, Analisis Sensitivitas Proyek, Contribution Margin, Peyback Period (PP), Perputaran Aset Netto dan lain-lain. Dengan standard bankable.

Selama memberikan jasa konsultan studi kelayakan bisnis dilaksanakan secara tepat, pasti akan memberikan hasil investasi yang memuaskan sesuai yang diharapkan. Jasa ini kami berikan bagi perusahaan-perusahaan atau perseorangan yang berminat melakukan investasi, baik yang baru maupun bersifat perluasan, maka kami dapat membuat studi kelayakan tentang proyek tersebut. kami di dukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan berlisensi dari MAPPI.

Berbagai jasa konsultan fesibility study bisnis telah kami kerjakan, meliputi antara lain :

  1. Sektor Pertanian (Perkebunan dan Kehutanan)
  2. Sektor Pertambangan
  3. Sektor-sektor lainnya, seperti air minum
  4. Sektor Industri Pabrikasi
  5. Sektor Industri Pariwisata & Perhotelan
  6. Sektor Industri Properti
  7. Sektor Industri Transportasi dan Komunikasi

Bagaimana,? Pentingnya studi kelayakan bisnis atau feasibility study menurut anda? atau tidak?????????. Informasi detail tentang Jasa Konsultan Studi kelayakan bisnis/jasa konsultan fesibility study bisnis untuk wilayah kerja di Indonesia, silahkan menghubungi kami:

 

Kjpp Endro, Kampianus dan Rekan

www.kjppkampianusdanrekan.com

Email : jasapenilaiasset@gmail.com

Telp / wa: 081212 814843

[soliloquy id="500"]
error:
1
Hello
Can i help you ?
Powered by